Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Friday, October 09, 2009

Let's be the Greener...

Suatu hari, aku berjalan-jalan ke sebuah toko buku yang cukup terkenal di Kota Yogya. Selain nyaman, toko buku ini juga menyediakan discount yang cukup menggiurkan bagi mahasiswa seperti aku.

Ketika aku akan melampiasan hasrat mataku untuk melirik buku2 yang bagus2, tiba2 seorang gadis dengan green t-shirt and jeans-nya datang menghampiri. Senyumnya adem banget, bagaikan angin kutub utara di padang pasir yang tandus (hehehe...lebay..). Aku tak menyia2kan senyuman itu, aku pun membalas dengan senyuman yang jauh lebih adem^_^ Kunamai senyuman surga... hahahaha..kacau!

Tak lama kemudian si Gadis ber t-shirt hijau itu, mulai bercerita. Dengan bekal map yang cukup tebal, yang berisi tulisan plus gambar2,dia mulai menjelaskan duduk perkaranya. Bagaikan anak kecil yang sedang di dongeng-i oleh ibunya, aku pun takjub. Sungguh wanita yang luar biasa. Ia bicara panjang lebar, bahkan tanpa koma. Ibarat air mengalir... tak sedikitpun aku diberi kesempatan bicara... melainkan hanya tersenyum, mengangguk-angguk, sesekali garuk2 kepala atau wajah yang sama sekali g' gatal...^_^

Ow... akhirnya aku tahu juga, ternyata gadis ini adalah seorang aktivis lingkungan hidup dari organisasi yang cukup terkenal. Walaupun imut, tapi dia cukup smart. Itu terlihat dari kata2nya yang panjang lebar ketika menjelaskan tentang fakta-fakta dan kondisi lingkungan, khusunya hutan yang ada di Indonesia.

Miris sih mendengarnya!!! Apalagi kalo dikaitkan dengan bencana2 yang amat sering terjadi di negeri ini. Terbuktilah kata Al Quran,yang berbunyi bahwa "Telah terjadi kerusakan di darat dan di laut, diakibatkan oleh ulah manusia..."


Setelah uraian yang cukup membuatku bernafas berat, Gadis itu pun berkata; " Jadi mbak, bumi ini telah begitu banyak memberikan penghidupan untuk kita, udara yang segar, air yang bersih dll. Maka sudah sepantasnya-lah kita membalas kebaikan alam ini dengan menjaga, melindungi dan melestarikannya. Kita juga harus mencegah ilegal logging yang akan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup kita ke depannya.Walaupun tidak turun langsung, mbak bisa membantu dengan bergabung bersama kami."

Gadis itu pun kemudian memberikan sebuah formulir yang berisi data2 dan angka2 yang harus ku isi. Yah..angka2 disini maksudnya aku menjadi donatur tetap dengan menyumbangkan hanya Rp. 2000,- per hari, dimana uang yang ada di rekening tabunganku akan ditarik sebesar Rp. 60.000,- per bulan-nya.

Kening-ku berkerut, menandakan aku berpikir hebat (hahahaha.....). Hmm... aku sebenarnya ingin bergabung dengan organisasi mereka yang memang concern menagani masalah penyelamatan hutan Indonesia, namun kalo harus menjadi donatur tetap yang harus menyumbang secara continiu, ini agak berat.

Bukannya pelit... tapi secara ... aku masih pengangguran, bulananku saja masih tergantung dengan kiriman ortu ( hehehe...malu sebenarnya mengakui...^_^)... Maka aku pun memberikan opsi kepada Gadis itu ... " Maaf mbak, apa boleh untuk saat ini saya jadi simpatasisan organisasi ini dulu, mungkin nanti saya baru bisa jadi donaturnya...."

Si Gadis ber-tshirt hijau, tersenyum... Tapi g' se adem yang tadi..." Maaf mbak, kami bukan mau minta sumbangan. Organisasi ini murni untuk menyelamatkan bumi kita. Mbak g' perlu jadi donatur selamanya, jika mbak memutuskan ingin berhenti maka mbak bisa langsung mengkonfirmasi kami.... Dan jadi donatur hari ini ataupun nanti apa bedanya. Kalo mbak hanya jadi simpatisan, tanpa ikut memberikan bantuan, itu sama saja dengan mbak omong doank..."

Glekkk....nancep deh!!! Kata2-nya sih lembut tapi efeknya g' enak di kuping dan di hati...^_^ Piye iki...!!! Akupun berfikir lagi....

Hmmm... apakah seseorang baru disebut care lingkungan, jika dia sudah masuk organisasi ini?

Trus kenapa organisasi ini promosinya di toko buku yang jumlah bukunya amat sangat banyak? Padahal kan artinya semakin banyak buku, semakin banyak kertas dan semakin banyak pohon2 yang akan ditebang???

Trus katanya setiap bulan para donatur akan dikirimkan buletin, nah buletinnya itu terbuat dari apa???

Sudahlah...aku merasa harus mengakhiri ketidaknyamanan ini,aku pun menutup pembicaraan kami dengan seulas senyum yang deslipkan dengan kata2 ... " Maaf Mbak, menurut saya untuk menjaga lingkungan, saya tidak harus bergabung dan menjadi donatur organisasi ini. Banyak hal lain yang bisa diakukan, mulai dari diri sendiri dan hal yang kecil2 saja, seperti menghemat pemakaian tissu, listrik dan air. Terima kasih banyak informasinya..." sambil menelunkupkan kedua telapak tangan di dada tanda maaf aku pun berlalu...

Tak kuhiraukan lagi ekspresi gadis imut nan smart itu^_^... Yg jelas aku yakin dia pasti sudah biasa menghadapi orang2 dengan respon yang macam2 juga... Yo wes la... Chayyyo deh !!!^_^

Tapi aku juga merasa punya tanggung jawab dengan kata2 yang telah kulontarkan pada gadis itu, that is, untuk lebih menghargai alam ciptaan ALLAH SWT.

So, let's be the Greener euy...

Mulai dari diri sendiri...
Mulai dari hal yang terkecil...
Dan mulai saat ini juga...

Semoga semakin banyak yang tanggap dengan lingkungan, maka alam akan kembali bersahabat dengan kita...

Semoga!!!

Yogyakarta, 2009.

No comments:

Post a Comment