Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Friday, January 06, 2012

Cara Mengembangkan Kekuatan Kepercayaan

Terkadang, lebih sulit menyakinkan diri sendiri daripada meyakinkan orang lain. Karena sering sekali kita menolak kepercayaan yang harusnya menjadi kekuatan diri kita. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat mengokohkan kepercayaan terhadap diri sendiri:
  1. Berpikir Sukses, jangan berpikir gagal. Di tempat kerja dan di rumah, gantilah berpikir gagal dengan berpikir sukses. Sewaktu menghadapi situasi sulit, berpikirlah, "Saya akan menang," bukan "Saya akan kalah." Ketika Anda bersaing dengan orang lain , berpikirlah, "Saya sama dengan yang terbaik," bukan "Saya tidak masuk hitungan." Jika peluang muncul, berpikirlah " Saya dapat melakukannya," jangan pernah berpikir "Saya tidak dapat." Biarkan pikiran utama "Saya akan berhasil" mendominasi proses berpikir Anda. Berpikir sukses berarti mengkondisikan pikiran Anda untuk rencana yang menghasilkan keberhasilan. Berpikir gagal mengerjakan yang persis berlawanan. Berpikir gagal mengkondisikan pikiran memikirkan pikiran-pikiran lain yang menghasilkan kegagalan. So, kita lebih memilih berpikir Berhasil, donk?
  2. Ingatkan diri Anda secara teratur bahwa Anda lebih baik daripada yang Anda kira. Orang yang sukses bukanlah orang yang super. Sukses tidak menyaratkan super-intelek. Juga tidak dibesarkan pada nasib. Orang yang sukses hanyalah orang yang biasa yang telah mengembangkan kepercayaan kepada diri sendiri dan apa yang mereka kerjakan. Jangan pernah mengakui keraguan Anda atau mengesankan kepada orang lain bahwa Anda bukan orang yang kelas satu.
  3. Percaya besar. Besar- kecilnya keberhasilan Anda ditentukan oleh besar-kecilnya kepercayaan Anda. Pikirkanlah tujuan-tujuan yang besar dan dapatkan keberhasilan besar. Ingat ini pula. Gagasan besar dan rencana besar acap kali lebih mudah - yang pasti tidak lebih sulit - dibandingkan gagasan kecil dan rencana kecil.

Semoga tips singkat tentang Kekuatan Kepercayaan diatas bermanfaat untuk kita semua.

Ganbatte!!!

( Taken from David J. Schwartz, The Magic of Thinking Big)

No comments:

Post a Comment