Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Tuesday, August 24, 2010

Tawakal


Imam Al Ghazali mengatakan bahwa Tawakal adalah inti dari Iman. Tawakal merupakan suatu kunci ke-tsiqoh-an seorang hamba kepada Rabb-nya.

Tawakal berarti menyerahkan segala urusan kepada ALLAH dengan kepercayaan penuh bahwa ALLAH Maha Pengatur Segala dan Maha Tahu yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

Seseorang telah dikatakan tawakal apabila tidak ada lagi kekhawatiran, keraguan, kesedihan, ketakutan dan kegelisahan di dalam dirinya. Karena ia yakin bahwa ia hanyalah seorang manusia yang memiliki keterbatasan dan hanya ALLAH lah yang Maha memiliki Kesempurnaan.

Jika seorang telah yakin dan bertawakal kepada ALLAH maka ALLAH pun akan senantiasa memudahkan segala urusannya, memberi kelapangan pada masalahnya, dan menyelesaikan urusan-urusan yang tidak sanggup ia selesaikan.

Begitu banyak contoh-contoh ketawakalan yang menghasilkan sesuatu yang luar biasa seperti;
Nabi Ibrahim yang tidak terbakar oleh Api, Nabi Musa yang mampu membelah lautan dan lepas dari kekejaman Fir'aun, ketawakalan Abdul Muthalib mengahadapi tentara bergajah Abrahah yang ingin menghancurkan Ka'bah, kemenangan bangsa Indonesia melawan penjajah meskipun hanya bersenjatakan bambu runcing dan masih banyak contoh-contoh yang lainnya.

Contoh-contoh tersebut tentunya bisa dijadikan iktibar, bahwa sesulit apapun kondisi yang tengah dihadapi maka kembalikanlah kepada ALLAH yang Maha Memudahkan.

Apapun yang terjadi kelak, itu mutlak urusan ALLAH. Planning yang telah disusun hanyalah sebuah ikhtiar dari seorang manusia untuk menjalani apa yang ingin dicapainya, bukan suatu harga mati yang ketika ia tidak mampu mendapatkannya akan menimbulkan kekecewaan yang luar biasa.

"Sungguh luar biasa urusan seorang muslim itu, ia akan bersyukur ketika diberi kemudahan dan ia akan bersabar jika mengahdapi kesulitan..."

No comments:

Post a Comment