Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Monday, December 07, 2009

Bersatunya Awal dan Akhir

Oleh Nini Wahyuni

Alkisah, hiduplah seorang pemuda Kufa yang dikenal sebagai ahli ibadah di zamannya. Pemuda ini jatuh cinta pada seorang gadis. Bagaikan gayung bersambut, cinta pun berbalas. Sang pujaan hati juga mencintainya.

Ketika cinta bersemi ditaman hati, sang pemuda mencoba menghalalkanya dalam ikatan pernikahan. Maka dilamarlah gadis itu. Sayang, lamaran tertolak karena ternyata sang gadis telah di jodohkan dengan pemuda lain. Meskipun demikian, cinta tak hilang dihati mereka. Cinta itu terus tumbuh dan bersemi. Atas nama cinta, sang gadis pun menawarkan sebuah jalan yang amat menggiurkan. Yah..sebuah jalan syahwat yang didamba oleh para pecinta.

Berat memang melawan sesuatu yang amat sangat diinginkan. Tapi dengan sebuah keyakinan,pemuda itu menolak tawaran tersebut. Panasnya api neraka yang tak pernah padam, lebih ia takuti. Pemuda itu lebih memilih Tuhannya dan memenangkan Iman atas syahwatnya dengan kekuatan cinta yang dimiliki.

Bagaikan petir disiang bolong, gadis itupun terhenyak. Dia tak percaya, pemuda itu ternyata lebih memilih Tuhannya daripada wanita yang dicintainya. Seketika ia pun tersadar dan tiba-tiba dunia menjadi kerdil dihadapannya. Ia pun akhirnya memutuskan untuk bertaubat dan mewakafkan sisa hidupnya untuk beribadah.

Walaupun hari-hari dijalani dalam kekhusyuan beribadah, namun cinta tak pernah mati. Ia tetap terhujam dihati yang terdalam. Cinta itu menjelma dalam do'a-do'a yang panjang. Tubuh gadis itupun luluh lantak didera rasa rindu. Dan akhirnya ia pun menemui ajalnya dengan membawa segenap rasa cintanya.

Mendengar berita kematian sang kekasih, membuat pemuda itu larut dalam kesedihan. Hanya kuburan gadis itulah yang kini menjadi tempat untuk melepas rindu dan do'a-do'a.

Suatu ketika sang pemuda tertidur diatas kuburan tersebut. Ia kemudian bermimpi bertemu dengan sang kekasih. Gadis itu terlihat sangat cantik. Ia mengabarkan bahwa ia dalam keadaan baik dan tengah berbahagia di surga abadi dalam kenikmatan hidup yang tanpa akhir. Ia meminta pemuda itu untuk terus mendo'akannya dan terus beribadah. Sang pemuda pun berjanji dan berharap suatu saat nanti ALLAH mempertemukan mereka kembali di syurga-Nya.


Berselang 7 hari setelah mimpi itu...Sang pemuda pun meninggal.....


Kisah ini berawal dari cinta, dan berakhir karena cinta...

Atas nama cinta, mereka memenangkan ALLAH atas diri mereka...
Atas nama cinta, mereka memenangkan Iman atas gejolak syahwat...
Dan atas nama cintalah, Allah mempertemukan mereka....

2 comments:

  1. Jika aku boleh memikirkan bola api itu bukan cinta dan bukan syahwat tetapi pikiranku tentang bersatunya awal dan akhir, maka aku telah menemukan bahwa di luar kesadaranku bola api itu telah menghampirimu. Anehnya aku sulit menilai bola apimu dari kriteria benar dan salah, tetapi lebih dari sisi indahnya. Maka aku telah menemukan bahwa bertemunya awal dan akhir itu telah menghasilkan pertemuan benar dan indah. Sungguh suatu hal yang menakjubkan jika kita mampu menyadarinya. Maka renungkanlah.

    ReplyDelete
  2. Thanx a lot Mr. Marsigit for ur comments. Actually am not really sure about what I've made. Bersatunya antara awal dan akhir bisa diterjemahkan dalam hal apa saja (multiinterpreted). Dalam hal ini, saya mencoba untuk mengambil salah satunya yaitu awal dan akhir itu bisa bersatu karena cinta. Dan cinta itu berbalut kesempurnaan ketika ia dibingkai dalam keimanan pada-Nya.

    ReplyDelete