Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Monday, May 30, 2011

Masihkah ada rasa malu dihatimu?


" Jika rasa malu telah hilang dari dirimu, maka berbuatlah sesukamu."

Allah menciptakan rasa malu tentu bukan dengan sia-sia. Bahkan malu menjadi ciri seorang yang beriman. Malu sangat membantu kita agar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik, dan rasa malu itu sangat penting agar kita tidak sama dengan makhluk ALLAH yang lain (baca; binatang).

Satu hal yang patut kita syukuri, apabila rasa malu itu masih bersemayam dihati dan pikiran kita. Jika kita masih merasa malu melanggar aturan-aturan Tuhan, malu berbuat dosa, malu melakukan tindakan yang tidak terpuji, malu mendzolimi orang lain, malu tidak menegakkan etika pergaulan, malu tidak berkata sopan dan lain-lain sebagainya, maka kita patut berbangga itu artinya kita masih manusia.

Dalam kehidupan sekarang ini, kita mungkin merasa sedih dan miris. Rasa malu sepertinya sudah menjadi sesuatu yang hampir punah, terutama dinegeri ini. Tak sulit mencari contoh dalam kehidupan sehari-hari kita, seperti ada yang berlomba-lomba mencari kekuasaan dengan menghalalkan segala cara, ada yang melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme untuk mencari keuntungan pribadi, ada yang saling menghujat dan membuka aib di depan umum, ada yang senang mengumbar aurat di depan umum dan lain-lain.


Namun intinya, tak perlu mencari jauh-jauh, cukup lihat saja diri sendiri. Masihkah ada rasa malu itu tersisa di dalam dada? Masihkah adakah rasa malu di hadapan-Nya? Masihkah ada malu dihadapan manusia?

Semoga Tuhan masih berkenan menitipkan rasa malu itu pada kita, agar kita masih bisa disebut sebagai manusia.

Flamboyan, 2011

No comments:

Post a Comment