Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Wednesday, June 01, 2011

Sabar dalam berbagai keadaan

Salah satu hal yang paling sulit di dunia ini adalah bersabar. Sabar tidak hanya ketika menghadapi permasalahan, ujian dan cobaan tapi sabar juga sangat diperlukan dalam ketaatan dan kemaksiatan.

Sabar dalam ketaatan itu berat. Karena manusia memiliki sifat bosan. Bahkan disaat keimanan dalam keadaan full sekalipun ia bisa di uji. Dahulu pernah diceritakan bagaimana seorang ahli ibadah yang akhir hayatnya terjerumus dalam ketidaksabaraannya dalam taat.

Alkisah ada seorang pemuda ahli ibadah yang selalu menghabiskan waktunya untuk beribadah dimesjid. Namun sebaliknya ia memiliki saudara ahli maksiat. Hidupnya hanya untuk mabuk-mabukan, berfoya-foya, berzina dan bersenang-senang.

Dalam ketaatannya, sang ahli ibadah di uji kesabarannya. Suatu ketika setan membisikkan sesuatu kepadanya. " Hidup hanya satu kali, kenapa harus dihabiskan hanya untuk beribadah. Kapan lagi kau akan menikmati dunia ini. Lihatlah saudaramu yang begitu bahagia dengan hidup yang dijalaninya." Mendengar bisikan yang begitu halus tersebut, sang pemuda taat pun tergoda. Keesokkan harinya, ia pun pergi mengunjungi tempat maksiat. Saat itu bekas-bekas keta'atan pun sudah tak tampak lagi dari dirinya. Ia memuaskan nafsu dunia, bersenang-senang, dan bersuka ria. Namun sayang, disaat yang tak terduga malaikat maut datang menghampirinya. Dan si pemuda yang semasa hidupnya terkenal sebagai ahli ibadah meninggal dalam keadaan sedang melakukan kemaksiatan. Naudzubillahi min dzalik.

Begitu luar biasa tipu daya setan. Bahkan ketika kita menghadapkan wajah dihadapan Tuhan pun ia masih mampu mengganggu. Terkadang kesabaran kita dalam melaksanakan ibadah akan terus diuji agar kita menjadi lemah dan malas. Maka kemana lagi kita harus berlari dan berlindung selain pada-Nya?

Setelah kita dijerumuskannya (setan) dalam kemaksiatan, maka ia akan meniupkan penyesalan yang amat sangat yang akan melahirkan keputusasaan. Kita merasa sangat berdosa dan akhirnya tidak yakin akan ampunan Tuhan. Padahal, tangan ALLAH selalu terbuka setiap harinya. IA akan menyambut hamba-hamba-Nya yang datang untuk bertaubat. Bahkan IA pun berkata, "janganlah engkau berputus asa dari rahmat-KU.." Namun kenapa keraguan masih sering hadir?

Sabar pun juga diperlukan dalam menghadapi kemaksiatan. Sabar untuk tidak tergoda dan sabar untuk tetap bertahan dalam kebaikan tentu juga berat. Karena setan akan selalu menjadikan indah perbuatan-perbuatan yang buruk.

Yah, sabar memang tidak mudah. Tapi bukan berarti kita menyerah dengan ketidaksabaran dalam menjalani hidup ini.

" Rabb, yang Maha Agung, karuniakanlah kepada kami kesabaran dalam menjalani kehidupan. Rabb, Ya Ghaffar, kami ini hamba yang lemah dan tidak berdaya kecuali dengan kekuatan yang Engkau berikan. Rabb, kami berlindung dari ketidaksabaran yang melahirkan keragu-raguan, kegelisahan, kesedihan, dan keputusasaan di hati-hati kami. Rabb, Ya Rahman, Ya Rahim, hanya Engkaulah satu-satunya tempat kami berlindung dan berharap. Amin.

UGM Libray, 2011.

No comments:

Post a Comment