Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Wednesday, September 16, 2009

One day in Maskam ...

Ramadhan,
Tak terasa kan segera berlalu. Padahal aku baru saja menikmati saat2 indah bersamanya. Bulan yang penuh ampunan, rahmat, berkah dan bulan yang diliputi cinta. Yah..cinta2 para hamba dengan Khaliknya.

Ramadhan kali ini terasa berbeda. Aku sendiri tanpa orang2 yang kucintai. Aku harus berjuang untuk mepersiapkan sahur dan buka by my own. Tapi lagi2 kunikmati. Keterbatasan, kesepian, kesendirian, kesulitan, dan kesedihan membuatku lebih merasakan cinta-Nya.

Malam yang ke-23 kemarin, seorang teman mengajakku i'tikaf di Masjid Kampus (Maskam) UGM. Sebenarnya, aku sedikit ragu menerima tawaran itu.Secara, it's my first time... Maklum di kampung halaman (cie...), I'tikaf tidak pernah diselenggarakan untuk kaum wanita. Makanya, aku sangat tertarik ingin mencoba.Walaupun lagi2 hati bertanya2, sanggupkah???

Akhirnya, aku ikut juga. Yah...kapan lagi show up my LOVE to ALLAH. Sekali2 caper sama ALLAH kan g' pa2^_^. Mumpung Ramadhan euy!!!

Tadinya, aku fikir yang akan ikut I'tikaf adalah mahasiswi2 muda aktifis kampus yang terlibat di organisasi keislaman. Dan jumlahnya pun paling beberapa lah..!

Tapi, fikiranku salah besar...! Peserta wanita-nya ternyata cukup banyak. Ini terlihat dari penuhnya setiap sisi mesjid.Yang paling membuat ku terkaget2 adalah pesertanya juga dari kaum ibu2 yang kuperkirakan usianya sekitar 50-an. Subhanallah...!

Mungkin...kl yang tau isi hatiku akan bilang " Katro amat sih..." Tapi ini benar2 sesuatu yang baru dan sungguh luar biasa. Semangat memburu Lailatu Qadr tidak hanya di dominasi para anak muda saja. Di tengah malam pun, di saat sebagian peserta sudah pada terkapar..ibu2 itu masih hanyut dalam lantunan ayat AlQurannya.

Sungguh membuatku malu sekaligus termotivasi.

Aku masih muda, fisik masih bagus, dan masih diberi kesehatan. Maka sudah selayaknyalah aku lebih gigih beribadah dibandingkan Ibu2 tadi...

Yah..one day in Maskam..mengajarkanku tentang banyak hal....

Semoga Ramadhan kali ini jauh lebih baik dan semoga ALLAH masih mempertemukan kita dengan Ramadhan berikutnya. Amin.

No comments:

Post a Comment