Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Thursday, November 19, 2009

What's going on???

\

De Javu...itulah yang saya rasakan. Seolah-olah apa yang terjadi hari ini pernah terjadi sebelumnya^_~. Tak pernah terbayangkan ternyata reaksi seorang mahasiswa S2 sama saja dengan mahasiswa S1, siswa SMA bahkan siswa SMP.

Yup...coba bayangkan, ketika seorang guru berhalangan hadir untuk mengajar, apa reaksi yang muncul pertama kalinya dari mulut siswa?? Lebih kurang seperti ini " Yes..", "Hore...", Ssip...", atau bersorak bahagia sambil memukul-mukul meja di kelas ( kalo reaksi terakhir memang agak lebay, tapi terjadi ketika saya sekolah dulu)

Sekarang, saat saya duduk di bangku S2 pun, reaksi itu pun tak jauh berbeda. Atau bisa diartikan sama. Ketika dosen berhalangan hadir, mahasiswa merasa amat lega...^_^

Kemudian timbul pertanyaan:
" What's going on? "
Ada apa dengan dunia pendidikan kita?
Kenapa siswa begitu bahagia ketika tidak ada guru?
Kenapa mahasiswa begitu senang ketika tidak ada dosen?
Apakah guru adalah momok yang menakutkan?
Apakah dosen adalah momok yang menyeramkan?

Entahlah... Mungkin jika pertanyaan ini di ajukan ke masing-masing individu mereka pastilah punya berbagai macam alasan dan jawaban.Dan tentunya tidak semua siswa atau mahasiswa yang seperti itu (senang ketika guru/dosen tidak hadir). Maaf jika saya terlalu mengeneralisasikan permasalahan ini.

Yang jelas kejadian yang terus terjadi hingga sekarang ini, menggelitik pikiran saya untuk terus mencari sebuah jawaban!

What's going on???

No comments:

Post a Comment