Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Saturday, January 09, 2010

Jalan Pintas Menuju Sukses yang Besar

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti menginginkan sukses, sukses dalam karier, pekerjaan, rumah tangga, organisasi, study, lingkungan sosial, masyarakat dan lain-lain sebagainya. Banyak yang berpikir bahwa untuk mencapai kesuksesan itu sangat sulit. Namun walaupun sulit, kesuksesan itu sangat mungkin untuk diraih. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan dengan jalan pintas:

1.Lakukan suatu hal yang dicintai & Cintai apa yang dilakukan.
Setiap orang pasti mempunyai kemampuan dan keunggulan dibidangnya masing-masing. Maka pilihlah untuk mencintai sesuatu hal/kegiatan/profesi tersebut. Jika rasa itu belum muncul maka tumbuhkan cinta itu. Karena perasaan cinta akan membuat kita mampu melakukan yang terbaik. Setiap pagi secara sadar katakanlah bahwa “Saya bahagia atas apa yang diberikan Tuhan kepada saya” dan kemudian fokuslah dengan hal-hal yang akan diraih. Suatu ketika pemain basket terkenal “Michael Jordan” diwawancara oleh para wartawan. Seorang wartawan mengatakan padanya bahwa “Anda sangat beruntung karena dilahirkan dengan kemampuan yang luar biasa”. Kemudian Michael Jordan menjawab “setiap orang memiliki kemampuan, tapi kerja keraslah yang menentukan kesuksesannya”. Sama halnya dengan mencintai, maka ia juga butuh kerja keras dan butuh latihan. Maka berlatihlah setiap hari untuk mencintai pekerjaaan kita, karena cinta akan mempengaruhi tindakan.

2.Lakukan hal-hal yang betul-betul diinginkan.
Tanyakan pada diri tentang apa mimpi-mimpi yang ingin diraih. Kemudian, tentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Caranya adalah dengan:

•Tentukan secara tepat apa yang kita inginkan, seperti masalah karier, jodoh, cita-cita dan lain sebagainya. Susunlah keinginan-keinginan tersebut secara spesifik/ detail.

•Tuliskanlah mimpi-mimpi atau keinginan tersebut. Mimpi-mimpi yang dituliskan akan menjadi cita-cita yang kelak mempengaruhi tindakan seseorang untuk mewujudkannya. Kemudian ceritakan tulisan tersebut kepada orang-orang terdekat. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kita tentang mimpi-mimpi tersebut.

•Berikan batas waktu dalam meraih impian. Pada dasarnya fikirkan bawah sadar kita, senang dengan tenggat waktu. Jika kita membuat tenggat waktu untuk meraih mimpi-mimpi tersebut maka kerja akan lebih fokus. Menurut Hendry Ford: “tujuan apapun dan sebesar apapun akan didapatkan jika dipecahkan dalam tahapan-tahapan.”

•Datalah apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tadi. Ketika terfikir suatu hal yang baru maka tuliskan. Semakin banyak langkah-langkah yang dituliskan untuk meraih impian-impian, maka akan semakin dekat dalam pencapaiannya. Berkomitmenlah untuk mencegah hal-hal yang akan mematikan semangat dalam meraih impian-impian tersebut.

•Lakukan sesuatu kegiatan apapun setiap hari yang bisa mendekatkan Anda dengan tujuan Anda. Dan disiplinkan diri untuk mencapai tujuan tersebut.

Dua jalan pintas diatas jika dilakukan dengan komitmen dan kesungguhan, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

( Menyampaikan kembali dari Nikma Nursyam “ The Power of Life” )

No comments:

Post a Comment