Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Saturday, January 09, 2010

MANUSIA YANG KOOPERATIF

Kenapa ALLAH menciptakan Hawa? Tentu saja untuk menemani Adam. Karena ALLAH tahu bahwa Adam adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, dia butuh teman, butuh partner, dan butuh bekerjasama untuk mengarungi kehidupan di dunia ini. Sama halnya dengan Adam, maka kita juga memiliki ketergantungan satu dengan yang lainnya. Meskipun hebat, pintar, mandiri dan bisa segalanya, tapi tetap kita membutuhkan orang lain. Ada beberapa keutamaan dari bekerja sama:

1.Akan timbul potensi yang luar biasa
Ada kisah antara si buntung dan si buta. Mereka sama-sama memiliki kekurangan. Namun ketika bekerjasama, mereka mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan potensi kaki yang dimiliki oleh si buta maka dia menggendong si buntung, dan dengan potensi matanya, si buntung menjadi navigator si buta sehingga mereka mampu mencapai tujuan dan dengan waktu yang lebih cepat. Meskipun kita hanya memiliki kapabilitas yang sederhana, namun ketika kita bekerjasama maka akan muncul potensi yang luar biasa.

2.Akan membuat lebih kuat
Rasulullah SAW bersabda: “ Kalian harus berjamaah karena serigala tidak akan bisa menerkam sekumpulan domba”
Islam mengajarkan kita untuk hidup berjamaah. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk sholat berjamaah di Mesjid. Karena dengan berjamaah, kita bisa mengenal satu dengan yang lainnya. Kita mampu memperluas hubungan sosial, menjadi lebih dekat dan tentunya akan lebih kuat.
Sebagai contoh, burung pipit dan burung garuda yang memiliki fisik yang jauh berbeda. Pada masa tertentu, burung pasti akan melakukan migrasi kesuatu tempat. Burung pipit biasanya tidak melalukan proses migrasi ini sendiri-sendiri karena mereka sadar dengan fisik yang lemah sehingga mereka merasa butuh bekerjasama. Kebersamaan membuat mereka kuat bahkan mampu melintasi antar benua. Sedangkan burung garuda yang kuat, lebih memilih melakukannya sendiri, namun dalam waktu 10-20 menit dia akan berhenti karena lelah. Dan tentunya agak sulit mencapai tujuan dengan lebih cepat. Jadi meskipun kita lemah atau bodoh, namun jika kita mau bekerjasama dan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh orang lain maka kita akan menjadi lebih kuat.

Ada beberapa sebab kenapa banyak orang yang tidak mau bekerjasama:

1.Karena memiliki watak introvert.
Pola pengembangan watak di Indonesia cenderung introvert. Biasanya orangtua sering memarahi anak yang banyak bertanya, terlalu aktif dan atraktif dan melakukan hal yang macam-macam. Sehingga terkadang potensi-potensi yang ada menjadi terkubur, dan kalaupun ingin mengembangkannya harus sendiri. Tentunya watak introvert inilah yang harus dihilangkan agar kita mampu lebih ekspresif.

2.Karena merasa diri sudah hebat dan mampu melakukan semuanya sendiri. Padahal sehebat apapun kita tetap butuh bantuan orang lain. Sekaya-kaya apapun orang kaya, maka dia pasti membutuhkan tukang sampah yang mungkin hidup semiskin-miskinnya. Jadi tetap seorang tukang sampah memiliki kontribusi besar dalam kehidupan orang kaya tadi.

Cara-cara bekerjasama:

1.Hargai potensi orang lain.
Selemah dan sebodoh apapun orang lain, maka dia pasti memiliki potensi. Karena ALLAH menciptakan manusia dengan potensi masing-masing. Misalnya dalam sebuah perusahaan, pekerjaan sebagai OB-pun harusnya sangat dihargai. Karena tanpa keberadaan mereka, maka pasti akan terjadi kekacauan. Rasulullah SAW sangat menghargai keberadaan orang-orang yang ada disekitarnya. Salah satu contoh, walaupun Rasulullah adalah seorang guru yang mengajar tanpa lelah siang dan malam, tapi beliau tidak pernah memanggil objek yang diajarnya sebagai murid tapi beliau memanggilnya dengan kata sahabat. Subhanallah, begitu besar penghargaan beliau terhadap orang lain.

2.Tumbuhkan perasaaan bahwa kita butuh dengan orang lain.
3.Ta’aruf atau mengenal dengan sebenarnya rekan/ partner kita.
4.Tsiqoh / Trust. Beri kepercayaan kepada rekan/ partner yang ada disekililing kita. Jikapun seandainya mereka memiliki kesalahan, maka perbaiki dan ajari cara yang benarnya. Sekaranga ini kejujuran dan kepercayaan amatlah penting. Bahkan diperusahaan apapun pastilah mencari orang-orang yang bisa dipercaya/ jujur. Maka kita bisa memulai untuk mempercayai sebelum kita dipercayai oleh orang lain.
Hidup di dunia ini hanyalah sementara saja. Maka dia tidak akan bermakna jika kita hanya menghabiskannya untuk diri kita sendiri. Sendiri hanya akan membuat kita lemah, sedih, kesepian, dan menderita. Maka hiduplah berjamaah. Karena berjamaah akan membuat kita bahagia dan tentunya membuat hidup lebih hidup^_^

( Menceritakan kemabali dari ustadz Boby Heriwibowo “ The Power of Life” )

No comments:

Post a Comment