Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Friday, July 30, 2010

FACEBOOK

Malam hampir beranjak menuju pergantian hari. Iseng ku buka situs jejaring pertemanan yang bernama facebook. Aku sempat takjub, ternyata semakin malam semakin ramai yang online. Kuteliti nama-nama yang tercantum disudut kanan bawahnya, rata-rata mereka adalah pemuda pemudi single.

Entah apa yang sedang mereka lakukan tapi semoga saja banyak hal-hal yang bermanfaat yang dilakukan daripada yang mudharatnya.
Yah itulah facebook, menyihir siapa saja.

Dari anak-anak hingga orang tua, tak ada yang tak kenal facebook. Dari yang memuat hal-hal yang penting sampai yang remeh temeh, bisa kita jumpai di facebook.

Terkadang kuperhatikan timing/ waktu pengiriman status atau yang mengirimkan komentar, ada yang lewat tengah malam, bahkan ada yang subuh buta.. sungguh luar biasa, facebook serasa bagaikan candu yang memabukkan dan tak mengenal waktu.

Pernah disuatu pagi, di jam yang mestinya anak-anak sibuk dengan pelajaran disekolah, aku mendapati mantan muridku tengah online. Aku bertanya-tanya, ada apa gerangan dengan anak ini, tidakkah ia belajar disekolah?

Aku kembali takjub oleh jawaban yang disampaikan oleh ex siswaku tersebut, ternyata dia OL sambil belajar, sungguh benar-benar luar biasa…

Belajar sambil online di facebook..
Kuliah sambil online di facebook..
Bekerja sambil online di facebook..
Shopping sambil online di facebook..
Makan sambil online facebook..
Sakitpun ada juga yang sempat-sempatnya online di facebook..
Sungguh amat luar biasa…

Aku berfikir jauh kebelakang, aku mencoba mengingat-ingat kembali,
Apa yang dilakukan khususnya muda-mudi sebelum mengenal facebook dkk dimalam hari?
Tentu ada banyak hal, seperti belajar, membaca alquran, berkumpul bersama keluarga, membaca buku/majalah, menulis, dan lain-lain sebagainya.

Sekarang..mungkin masih melakukan hal yang sama, tapi tetap …. apapun yang dilakukan..update status mesti jalan terus… Atau bisa jadi juga kegiatan-kegiatan yang dulu pernah ada menjadi terlupakan.

Meskipun demikian..

Apapun niat dan tujuan orang dalam berfacebook,
Yang jelas, alangkah luar biasanya ketika kita mampu seperti Mario Teguh, Supardi Lee, Boby Heriwibowo, Zainal Abidin, Adri Wongso, Nikmah Nursyam dan orang-orang lainnya yang konsisten untuk mencerdaskan, mencerahkan dan menyejukkan dengan kata-kata yang syarat akan hikmah dan penuh kebaikan.

No comments:

Post a Comment