Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Wednesday, July 14, 2010

Nasehat ALLAH


Ketika kita dihempaskan pada suatu masalah dan kemudian terasa buntu..biasanya kita akan datang kepada ALLAH untuk mengadu bahkan sampai menangis tersedu-sedu sambil berkata...
" Allah kenapa semua ini terjadi?"
" Kenapa masalah ini begitu berat?"
" Allah bantu hamba menyelesaikan masalah ini.."
" Mudahkanlah ya ALLAH... tunjukan jalan yang terbaik..."

Sesaat kita merasa lega dan berharap masalah akan selesai dan ALLAH akan memberikan jalan keluarnya segera. Tapi tidak. Tidak secepat itu dan tidak semudah itu.

Terkadang ALLAH membiarkan kita waktu beberapa lama untuk larut dalam masalah tersebut. Mungkin ALLAH ingin melihat bagaimana kita menyelesaikan suatu masalah yang mungkin amat sangat sederhana or nothing di mata-Nya..

Bisa jadi ALLAH juga ingin melihat seberapa besar trust kita kepada-Nya... Akankah kita akan tetap yakin ALLAH Maha Segala atau kita malah lari dan berkata " ALLAH tidak adil.." Naudzubillahi min dzalik, semoga kita masih bisa berfikir waras ketika dihadapkan pada suatu masalah.

Terkadang cara ALLAH menasehati hamba-Nya juga sangat unik. Inilah yang aku temui beberapa waktu yang lalu. Setengah hari bersama seorang teman yang amat sangat tidak direncanakan ternyata memberikan penguatan yang sungguh luar biasa. Tak peduli apakah kasus yang dihadapai sama atau tidak yang jelas dari pertemuan itu aku berfikir ALLAH sedang menasehatiku, memberikanku penguatan dan mengatakan "Hei lihat...hambaKu yang lain juga tak luput dari Ujian-Ku.. Jadi kenapa Engkau bersedih... Perhatikanlah..bagaimana orang-orang yang sukses keluar dari ujian yang bertubi-tubi... Tidakkah kau berfikir? "

" Iya ALLAH, hamba melihat contohnya nyata bagaimana seorang harus menghadapi kenyataan hidup yang amat berat, bahkan bertahun-tahun lamanya... maka masih pantaskah hamba mengeluh dengan masalah yang sekecil ini?"

Aku tersadar. Aku memang sedang diberi sebuah study case oleh-Nya, tapi, kamu, dia, mereka dan semua juga diberi masalah... hanya saja bentuknya berbeda-beda bahkan ada yang kualitas ujiannya lebih kelas kakap... jadi mengapa aku harus putus asa? Bukankah setiap masalah ada jalan keluarnya?

Yah..
Hari yang indah...
Seindah hatiku menikmati masalah-masalah dalam hidup...
Aku bersyukur...
Allah masih mengingatku...
Memberikan ujian untuk meningkatkan kualitas Iman dan hidupku...
Meski ujian ini selesai, aku harus siap dengan ujian-ujian yang lainnya...
Maka kunikmati satu ujian ini, dan berharap semoga ALLAH berkenan menaikkanku pada "kelas" yang lebih tinggi.... Amin

No comments:

Post a Comment