Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Wednesday, July 14, 2010



Ketakutan kadang membenamkan kita pada kubangan yang dalam.
Kita tak berani memperlihatkan diri,bahkan menengok dan menegakkan kepalapun terasa amat sulit dilakukan.

Kita takut dikomentari. Kita takut dikritisi. Kita takut diberi label. Dan kita takut berpindah pada zona nyaman tanpa gangguan.

Itu yang kurasakan ketika mencoba untuk menulis. Mencoba untuk menshare apa yang aku fikirkan, dan apa yang aku rasakan. Awalnya muncul perasaan tidak PeDe. Bisakah saya menulis? Mampukah orang memahami apa yang saya tulis? Baguskah tulisan saya? Adakah yang mau membaca dan mengomentari?

Ketika membaca tulisan kawan-kawan yang lain yang begitu luar biasa..
Terkadang rasa takut dan minder itu menjadi berlipat-lipat...

Ada teman yang menulis dengan begitu puitisnya hingga mengaduk-aduk perasaan pembacanya,

Ada teman yang menulis dengan logika-logika dan bahasanya yang sungguh cerdas dan menggugah,

Ada juga teman yang menulis dan buku-bukunya sudah beredar di toko buku ternama.

Pertanyaan selalu muncul; sudah seperti apakah kualitas tulisan saya?

Apakah hanya sekedar berfungsi sebagai diari untuk menghilangkan rasa sepi^_^ atau sudah mampu memberi inspirasi, motivasi dan manfaat untuk orang lain?

Yah, tentu untuk menjawab pertanyaan itu saya juga membutuhkan orang lain...

Tentu saja orang yang mau dan bersedia dan meluangkan waktunya untuk membaca tulisan-tulisan sederhana dan pemula seperti saya...

Tapi...
Seperti nasehat-nasehat para penulis terkenal..
Intinya jangan pernahh berhenti menulis...
Menulis apa saja, kapan saja dan dimana saja..
Menulis banyak manfaatnya minimal untuk diri sendiri..
Menulis bisa menghindari kita dari penyakit pikun...
dan tentu saja menulis bisa membebaskan ketakutan-ketakutan ..
Tak peduli apakah orang akan membaca atau tidak
Yang penting tetaplah menulis dan menulis...

No comments:

Post a Comment