Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Monday, May 24, 2010

D' Nanny

Bocah dua tahun itu tengah duduk di depan televisi menonton “Petualangan si Bolang”. Entah apa yang dimengertinya, yang jelas dia terlihat begitu asyik sambil ditemani sepotong roti coklat berlapis. Sesekali aku mendengarnya tertawa. Sukurlah. Aku bisa sedikit bernafas lega.

Tiba-tiba dia menghampiriku yang tengah sibuk dengan tuts-tuts ajaibku, dia menawarkan “bantuan” plus senyuman yang memperlihatkan gigi-gigi kecilnya yang belum lagi utuh. Setelah berhasil mengganti “bantuannya” dengan sesuatu yang diminati, diapun berlalu. Berjalan kian kemari, mencari sesuatu yang lain yang bisa digunakannya untuk bereksplorasi.

Dan lihatlah kini, sebuah pena terlihat pasrah digenggamannya. Dengan mata yang berbinar-binar, dia memamerkan apa yang baru saja dia dapatkan. Aku memberinya secarik kertas. Dan kemudian dia kembali berlalu, sambil sibuk dengan ocehannya yang terdengar seperti bahasa planet dari negeri antah berantah.

Gadis kecil itu tak pernah diam. Dia terus bergerak. Seolah-olah kesibukkanya melebihi pekerjaan anggota dewan yang ada di gedung MPR-DPR, atau melebihi kesibukan Abi dan Umminya. Dan aku terjebak, terjebak dalam dunia kanak-kanaknya dan harus berhasil masuk untuk beberapa jam kedepan.

Aku melepas kesibukkanku sejenak. Kemudian menghampiri dan mendekatinya. Terkadang dia menari dengan tariannya yang unik, atau ikut menyanyikan lagu favoritenya “Bangkitlah Negeriku” (Shoutul Harokah) atau memperagakan adegan khas Teletabis, “berpelukkan…” Atau kadang dia mengajakku bercerita sesuatu yang amat menarik baginya, yang membuat bibirnya maju beberapa senti, lucu sekali. Aku mencoba meladeni setiap ocehannya sambil sesekali menyentuh jari-jarinya yang mungil. Kebersamaan dengan gadis kecil ini terkadang bagaikan obat yang bisa mengusir rasa suntukku.

Jarum jam terus bergerak, dan aku masih terjebak… terjebak dalam dunia kanak-kanaknya…

No comments:

Post a Comment