Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Friday, February 12, 2010

Ibadah Enjoyment



Adzan maghrib baru saja berkumandang, dan kakiku baru saja menginjak tikar tipis yang yang warnanya sudah tampak pudar. Biasanya mesjid ini ramai dikunjungi anak-anak, tapi kali ini hanya ada aku dan seorang wanita tua. Tubuhnya tak lagi tegap. Osteoporosis membuat tulang punggungnya menjadi bengkok. Tapi semangatnya untuk sholat berjama’ah ternyata tidak terhalang oleh usia. Sesaat kami saling berjabat tangan dan kemudian suara iqomah pun terdengar, tanda saatnya fokus menghadap-Nya.

Setelah sampai dirumah aku berpikir, betapa nikmatnya beribadah ketika tubuh masih kuat dan sehat. Kita bisa rukuk dengan sempurna, sujud dengan sempurna, bahkan ketika imam membaca surat yang panjang sekalipun, kaki masih kuat sebagai penyangga di saat berdiri.

Ibarat mesin yang sering dipakai, maka suatu saat dia akan aus. Begitu juga dengan tubuh. Selama bertahun-tahun digunakan, maka semakin bertambah umur maka semakin banyak yang rusak. Ini tentunya juga akan berpengaruh pada ibadah. Kenikmatannya akan menjadi berkurang. Untuk berdiri lama lutut sudah tidak kuat, untuk rukuk punggung sudah sulit untuk diluruskan, untuk sujud harus pelan-pelan begitu juga ketika bangkit dari sujud. Duduk antara dua sujud atau tasyahud awal dan akhir, kaki kesemutan^_^.

Jadi mumpung masih muda, aku harus menikmati saat-saat indah beribadah. Ketika tubuh masih sehat, maka aku masih bisa melakukan gerakan-gerakan sholat sesempurna mungkin. Mumpung masih muda dan mumpung my body still strong, I should enjoy my ibadah.

Sidokarto, 2010

No comments:

Post a Comment