Welcome to Matahari Ilmu

Jika hidup itu mengajarkanmu banyak hal, maka tuliskanlah sebagai sebuah tinta sejarah yang penuh hikmah....


Friday, February 12, 2010

Book Liner

Menurut salah seorang teman saya, perbedaan antara pembaca buku yang baik dengan yang tidak bisa ditentukan dari bagaimana dia memperlakukan buku tersebut. Jika dia menandai halaman buku yang dibaca dengan melipat bagian atas atau bawah kertas maka dia termasuk pembaca yang tidak baik. Namun jika halaman buku masih mulus dan tidak ada tanda lipatan kertas, maka dia termasuk kategori pembaca yang baik.

Nah, ternyata saya dikategorikan sebagai pembaca yang tidak baik. Alasannya, dibeberapa buku saya ditemukan lipatan-lipatan sebagai penanda bagian-bagian mana yang sudah dibaca dan cukup penting. Walaupun perlakuan itu, tidak untuk semua buku, tapi tetap saja mau sedikit atau banyak, hukum orang yang melipat halaman buku tetap saja adalah pembaca yang tidak baik. Katanya…^_^!!!

Menyadari kesalahan tersebut, saya pun meng-create pembatas buku sendiri dengan cara yang amat sangat mudah and interesting enough. Langkah-langkahnya:
1.Browsing gambar-gambar menarik via internet atau bisa memanfaatkan file picture yang ada di folder.
2.Tempatkan beberapa gambar dalam satu halaman, ukurannya terserah sesuai dengan kesukaan masing-masing.
3.Setelah itu, print di kertas foto/ kertas yang cukup tebal (kertas jilid).
4.Hasil gambar yang sudah di print, dipotong-potong sesuai ukurannya.
5.Basically, 4 tahapan diatas sudah selesai. Namun jika menggunakan kertas jilid maka tentunya perlu perlindungan. Jika tidak memiliki mesin press, maka tak perlu khawatir, manfaatkan saja sampul plastik dan setrika. Dengan menggunakan prinsip kerja mesin pres, maka kita bisa mendapatkan hasil yang lebih kurang sama dengan hanya menggunakan sampul plastik yang di press dengan menggunakan setrika. Tentunya plastik disetrika diatas kertas tebal atau kain, agar tidak lengket.
6.Untuk mempercantik, bagian atas pembatas buku bisa dilobangi dan diberi aksen pita.
7.Pembatas buku siap digunakan.
Ternyata dengan pembatas buku yang cukup variatif bisa menumbuhkan semangat yang lebih besar lagi dalam membaca. Dan tentunya kita bias menjadi seorang pembaca buku yang baik. So try to make ur own book liner!

No comments:

Post a Comment